Tanggul Muaragembong Diperbaiki

Senin, 08 November 2010

CikarangNews6:Warga di Kecamatan Muaragembong dan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi masih dibayangi ancaman banjir. Meski Tanggul Kali Citarum sudah diperbaiki, namun karena letak wilayah dekat dengan Pantai, ancaman bannjir dari air pasang laut (rob) tak bisa dihindarkan.



Perbaikan tanggul Kali Citarum sekitar 6.575 meter di Kecamatan Muaragembong dan Cabangbungin yang jebol April kini sudah diperbaiki oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum meski belum sempurna. Hingga kini pengerjaannya selesai sekitar 90 persen.
"Pengerjaannya terhenti karena terkendala cuaca. Namun, kami sudah terbantu dengan dibangunnya tanggul di wilayah kami,jika tidak mungkin di kecamatan Muaragembong sudah seperti lautan, "ucap Kepala Desa Pantaibakti, Supriyatna kepada "PRLM", Minggu (7/11).
Beberapa titik perbaikan tanggul yang hampir selesai, kata dia, diantaranya tanggul di Kampung Kedungbokor, Desa Pantaibakti sepanjang 50 meter sudah dikerjakan sekitar 90 persen, tanggul di Kampung Kedungcinde, sepanjang 500 meter, Kampung Biangbong sepanjang 475 meter dan Kampung Bokorpesing 275 meter.
Supriyatna mengatakan, kini ancaman Banjir datang dari rob yang tidak bisa diprediksi datangnya. Namun, selama ini, kata dia, warga mensiasatinya dengan membangun loteng di rumah mereka. Jika rob datang, mereka tinggal di lantai dua rumah mereka.
Salah seorang warga Pantai Mekar, Sahrudin Aji(35) mengatakan warga berterima kasih kepada BBWS yang sudah memperbaiki tanggul. Perbaikan ini diharapkan dapat diselesiakan secepatnya.
"Saat ini yg menjadi konsen kami adalah perbaikan jalan akibat terjangan banjir beberapa waktu lalu. Kami sudah mendapatkan bantuan 1500 kantong pasir dari anggota DPRD Jabar dan beberapa pihak lainnya, namun pengerjaan dilakukan secara swadaya oleh masyarakat," ujarnya.
Sedikitnya ada 18 titik sepanjang Jalan Raya Muara Gembong yang rusak parah akibat abrasi dari kali tersebut. Kerusakan yang cukup parah, salah satunya adalah jalan yang berada di depan Sekolah Menengah Umum I Muara Gembong, depan kantor kecamatan dan depan Polsek Muara Gembong.

sumber : pikiran rakyat

1 comments:

Choirul Asyhar IbnuSina mengatakan...

banjir memang mesti diantisipasi, karena memang wilayah kita tak bisa lepas dari hujan deras.
Bagaimana dengan Cikarang Baru, yang kini tak lagi bebas banjir?

Posting Komentar