Public Speaking untuk Para Da'i

Senin, 01 November 2010

CikarangNews6 - Setelah berdiri tiga bulan yang lalu, Korp Muballigh Cikarang (KMC) mulai bergerak. Kini (31/10) bagian Pelatihan mengadakan Mudzakaroh Du’at bekerja sama dengan Radio Gema Annisa, Lembaga Da’wah dan Sosial RGA dan Badar TV. Acara ini mengusung tema besar ”Bersama Membina Ummat”.


Untuk sarasehan awal ini disampaikan materi tentang public speaking. Pembicara khusus didatangkan dari Lembaga Manajemen Terapan TRUSTCO. Melalui materi ini digambarkan bagaimana seorang da’i berbicara efektif, materinya disampaikan dengan kemasan yang menarik sehingga da’wah didengar oleh audiens.

Persaingan para da’i saat ini bukan dengan sesama da’i tentu saja. Tapi dengan hiburan-hiburan yang ditayangkan oleh TV, video, VCD maupun hiburan langsung di tempat-tempat umum. Karena itu, da’i harus pandai-pandai mengewas materi da’wahnya sehingga tidak ditinggalkan orang.

Kini banyak orang menimba ilmu bukan dari ustadz atau ustadzah, tapi dari para motivator yang memang menarik cara penyampaiannya. Multimedia adalah teknologi informasi baru yang dapat digunakan oleh para da’i. Karena itu da’i harus melek terhadap teknologi informasi ini.

Inilah salah satu poin dalam materi sarasehan atau Mudzakaroh Du’at kali ini. Selanjutnya KMC akan terus mengadakan pelatihan demi pelatihan sehingga kualitas da’i semakin baik, baik dalam penguasaan materi maupun cara penyampaiannya.

Acara ini diadakan di Auditorium RS. Annisa, Cikarang Utara dan dihadiri oleh 70 peserta dari berbagai ormas Islam di Cikarang. ”Insya Allah akan ada pelatihan-pelatihan selanjutnya.” kata Choirul Asyhar ketua panitia acara ini, saat menyampaikan statemennya di Badar TV. 

0 comments:

Posting Komentar