Al Ichwan Membuka SMAIT di Cikarang

Rabu, 28 April 2010

CikarangNews6 - Al Ichwan adalah sebuah yayasan pendidikan Islam yang tergolong generasi awal di Cikarang ini. Berdiri tahun 1995 yayasan ini berawal dari perkumpulan pengajian keluarga yang dibimbing oleh KH Cholid. Kemudian Ir. H. Madsuri , M.Sc. berinisiatif  membangun sebuah lembaga pendidikan Islam di kawasan Pasir Gombong dibawah naungan YPI Al- Ichwan.

Awalnya Al Ichwan hanya membangun sebuah sekolah TK Islam Al-Ichwan. Namun setahun kemudian dilanjutkan dengan membuat gedung SD Islam Al-Ichwan, sekaligus membangun Masjid Jami Al-Ichwan.

Dalam perkembangannya Al Ichwan dipercaya sebagai salah satu sekolah unggulan dengan biaya relatif murah. Apalagi sejak berubah menjadi SDIT dan TKIT tahun 1998 atas prakarsa Kepala Sekolah yang saat itu dijabat oleh Dewindra Suwita Saleh. Saat itu juga dibuka Kelompok Bermain Al Ichwan demi menangkap animo kepercayaan masyarakat terhadap yayasan ini.

Dengan konsep pendidikan terpadu, maka TK dan SD Al Ichwan menjadi TKIT dan SDIT pertama di Cikarang. SDIT Al Ichwan juga menjadi sekolah yang menerapkan konsep full day school pertama di Cikarang ini dengan 5 hari sekolah setiap pekannya.

Sukses dengan TKIT dan SDIT-nya, Al Ichwanpun membuka SMPIT pada tahun pelajaran 2005/2006. Tahun 2010 ini SMPIT akan meluluskan angkatan ke-3 nya. Lulusan SMPIT Al Ichwan tersebar di beberapa sekolah menengah atas antara lain SMA Negeri 1 Cikarang Utara, SMAN 1 Cikarang Pusat, SMAK Bogor, Pesantren Modern Gontor, Pesantren Assyifa Subang, SMK Negeri Cibitung, SMA Presiden, SMA 1 Bekasi, SMAN 1 Karawang, SMA Global Jakarta dan lain-lain.

Dengan usaha dan kerja keras  serta dengan perjuangan bersama antara yayasan dan para guru, maka di tahun Pelajaran 2010/2011 ini YPI Al- Ichwan kembali membantu Pemerintah dalam memajukan pendidikan berbasis Islam, yakni dengan dibukanya SMAIT Al-Ichwan.

Di SMA ini akan diterapkan konsep bilingual, memadukan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di sekolah. Diharapkan SMA IT Al Ichwan menjadi SMA alternatif . Tekad yayasan dan guru untuk mencetak alumninya yang berakhlaqul karimah, patut menjadi pertimbangan orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sini.

Sebagaimana di SDIT dan SMPIT, SMAIT Al Ichwan juga memberikan beasiswa kepada siswa yang mendapatkan ranking pertama di kelasnya pada setiap semester. Bea siswa dalam bentuk bebas SPP bulanan pada semester berikutnya.
Dalam persiapannya, kini yayasan Al Ichwan sedang membangun sebuah masjid seluas 130 m2 di kompleks SMPIT/SMAIT Al Ichwan. Masjid yang diberi nama Nurul Ichwan ini akan menjadi fasilitas ibadah bagi siswa dan guru. Baik ibadah shalat fardhu, shalat sunnah, mapun kegiatan keagamaan lainnya. Pembangunan Masjid ini dibiayai oleh seorang donatur yang percaya terhadap kiprah Al Ichwan di dunia pendidikan.

4 comments:

Dewindra S.S. mengatakan...

Terima kasih Cikarang News 6, telah memuat tentang keberadaan YPI Al- Ichwan. Mungkin bnk orang yang belum tahu keberadaan kami dan kemajuan-kemajuan apa yang telah kami raih. Insya Allah dengan dukungan, do'a dan kepercayaan para orang tua yang bersedia mendaftarkan anaknya di Al- Ichwan. Amiin.

Alwi Alatas mengatakan...

Wah..Asyik ni... ternyata Yayasan Pendidikan Al-Ichwan semakin hari semakin menunjukan keeksisannya dalam mencerdaskan kehidupan Bangsa Indonesia. semoga dengan niat yang baik, Allah senantiasa memberikan kemudahan yang teramat sangat. Diharapkan dengan adanya SMA IT Al-Ichwan menjadikan anak-anak Indonesia terdepan dalam ilmu dan akhlak. slam kenal. Alwi Alatas

Muhammad Luthfi Alfarizi mengatakan...

wah... mulai terkenal juga al ichwan. Semoga peminat yg mau sekolah di al ichwan

Fajar Muhammad Askarullah mengatakan...

Wah mantap al ichwan sekaranh semoga tambah maju & berkualitas

Poskan Komentar