Alfajri Foundation : Semua berawal dari mimpi

Senin, 19 April 2010


CikarangNews6: Bayang-bayang sepanjang jalan, itu kata pepatah yang berarti cita-cita harus di sesuaikan dengan kemampuan , namun sebagai seorang muslim pepatah itu hanyalah ungkapan.

Yang lebih penting bagi seorang muslim adalah kekuatan usaha,ikhtiar dan keikhlasan yang akan menjadi satu penentu keberhasilan segala sesuatu.

For someone who really want to achieve something great, then he will realize that ambition in life. ( Bagi seseorang yang hendak meraih sesuatu yang BESAR , niscaya dia harus menjelmakan cita-citanya dalam keseharian, dalam arti minta sama Allah dan niat yang baik ).

Hendaknya kita tetap berusaha mewujudkan segala sesuatu dengan bersandarkan pada qudrot dan irodat Allah SWT.Saat itu saya berkeinginan untuk memiliki sebuah lembaga sosial yang juga sekaligus berfungsi sebagai lembaga dakwah.

Ternyata Allah mendengar do’a saya……

Akhir tahun 2007 saya mendapatkan undangan kehormatan Islamic Council Australia yang berpusat di Sydney untuk mengajar muslim community dan juga Islamic School.

Ini sebuah tantangan besar, karena saya harus berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing (inggris).Tiga bulan pertama saya diberi tugas sebagai trainer, namun setelah itu saya diberi kepercayaan lebih sehingga harus memperpanjang visa hingga 1tahun.

Saya memulai aktifitas mengajar muallaf dan kerohanian di sebuah penjara “immigration Australia”.Dengan mendapatkan gaji bulanan, fasilitas, sarana mengajar dan tempat tinggal dengan akomodasi yang lebih dari cukup.

Obsesi untuk memiliki lembaga sosial & dakwah seringkali saya ungkapkan ketika berinteraksi dengan mereka, baik ketika mengajar maupun dalam forum-forum dan diskusi.

Lambat laun banyak yang merespon keinginan baik saya tersebut, baik dari perorangan maupun dari perusahaan-perusahaan mereka.Bantuan berupa uang untuk mendirikan lembaga sosial & dakwah seperti mimpi saya.

Cikal bakal lembaga tersebut sudah ada semenjak berdirinya Toko Buku Alfajri di cikarang, Bekasi.Setiap bulan Ramadhan ada zakat fitrah dan infaq dari masyrakat muslim Australia yang saya salurkan melalui Alfajri.

Bahkan ketika Idul Qurban tiba, saya mendapatkan jatah kambing qurban yang cukup banyak, yang sebagian saya salurkan juga melalui Alfajri.

Inilah awal dari terbentuknya “Alfajri Foundation Australia”, perpanjangan tangan dari kepedulian warga muslim Australia di Christmas Island kepada warga Cikarang dan sekitarnya.


Dipenghujung tahun 2008 ketika masa visa saya berakhir, ternyata masyarakat muslim Australia semakin berantusias untuk memberikan apresiasi dengan memberikan visa Religious Worker dan tinggal yang semi permanent.

Juga bantuan dalam bentuk uang yang cukup besar untuk membeli tanah dan bangunan seluas 500 M2 di Desa Hegarmana, Cikarang Timur.

Maka, berdirilah sebuah Yayasan Alfajri Cahaya Umat dengan dukungan dari Alfajri Foundation yang bergerak dalam bidang sosial dan da’wah.Salah satu aplikasinya adalah dibentuknya pesantren anak Yatim.Yang beralamat di :



Dusun Hegarmana Rt.03/02 No.75 Cikarang Timur
Kabupaten BEKASI
Telp : (62)021 37015550



Yang bertindak sebagai ketua harian Yayasan Alfajri Cahaya Umat adalah Ust. Marzuki

Semenjak berdirinya Yayasan Alfajri Cahaya Umat tersebut, ada beberapa kegiatan sosial yang telah kita selenggarakan diantaranya berupa pembagian uang zakat, penyembelihan hewan qurban dan bahkan ikut berkontribusi meringankan beban korban musibah banjir di wilayah Cikarang dan sekitarnya.

Walaupun lembaga itu masih dalam penataan system dan aktifitasnya tapi saya berusaha untuk tetap menjalan apa yang menjadi planning dari pada yayasan tersebut.

Alhamdulillah dengan kontribusi saudara-saudara kami di Australia pengelolalaan yayasan tersebut dapat berjalan dengan baik. Sebagai satu visi dan missi sebuah lembaga sosial dakwah untuk menjadikan ummat yang lebih bermartabat di hadapan siapaun.

Cita-cita besar memerlukan pengorbanan besar itu yang terus menjadi perhatian saya, bahwa mimpi itu telah menjadi kenyataan tinggal bagaimana kita mengemban amanah itu dengan baik dan profesional.


Akhirnya, do’a dan bantuan apapun yang dapat menambah kegiatan positif sangat kami perlukan.

Saudaraku, sebuah obsesi akan terwujud karena keikhlasan kita dalam beramal dan tentu dengan pertolongan Allah. dengan orang-orang yang ikkhlas, ikhlas berda’wah, ikhlas beramal, dan ikhlas dalm memperjuangkan kebenaran ini.

Jika kita menolong Agama Allah, Allah akan menolong kita dan ini adalah semua bentuk pertolongan Allah dan antum semua, pertolongan Allah pasti sesuai dengan masanya,bermimpilah dulu untuk mendapatkan sesuatu.


Jangan pernah berharap kalau kita belum bermimpi, itulah kata pepatah.


Intansurullah yansurkum wayusabbit aqdaamakum, Wallahu a’lam bisshowab.

2 comments:

zainul mengatakan...

Assalamualaikum,sekelumit kisah ini akan banyak manfaat untuk kita terjemah dalam hidup ini,memang cita-cita harus di iringi dengan ikhtiar dan doa.
InsAllah akan bermanfaat bagi kita.syukron and thak you for attention.

rusmaya mengatakan...

sebuah obsesi akan terwujud karena keikhlasan kita dalam beramal dan tentu dengan pertolongan Allah. dengan orang-orang yang ikkhlas, ikhlas berda’wah, ikhlas beramal, dan ikhlas dalm memperjuangkan kebenaran ini.

Jika kita menolong Agama Allah, Allah akan menolong kita dan ini adalah semua bentuk pertolongan Allah dan antum semua, pertolongan Allah pasti sesuai dengan masanya,bermimpilah dulu untuk mendapatkan sesuatu.
subhanalloh kata-kata yang indah ustad

Poskan Komentar