Kereta Khusus Wanita di Bekasi Aktif Besok

Kamis, 19 Agustus 2010

CikarangNews6: Di Bekasi, kereta khusus wanita akan disediakan besok, Jumat (20/8). Hal ini untuk mengurangi pelecehan seksual terhadap wanita di atas kereta listrik itu.
Kepala Stasiun Bekasi Eman Sulaeman mengatakan, sudah ada dua gerbong kereta khusus wanita di Bekasi, tadi pagi untuk pemberangkatan pukul 07.00 dan 08.00 WIB. Tetapi masih difungsikan untuk penumpang umum karena peluncuran kereta khusus wanita di Depok baru dilaksanakan pukul 10.00 WIB. "Jadi besok (Jumat)baru beroperasi di stasiun Bekasi," kata Eman, Kamis (19/8).
Setiap pemberangkatan kereta listrik disediakan dua gerbong khusus wanita, yaitu, gerbong paling depan dan gerbong terakhir. Di pintu masuk gerbong kereta dilengkapi stiker tanda wanita, serta dijaga petugas keamanan wanita. "Gebong khusus disediakan di kereta Ekspress dan kereta AC Ekonomi," katanya.
Setiap pemberangkatan, Eman melanjutkan, petugas stasiun melakukan sosialisasi kepada calon penumpang agar naik di gerbong yang telah ditentukan. Pada gerbong khusus wanita itu, penumpang laki-laki dilarang masuk. Sebaliknya, penumpang wanita boleh masuk digerbong umum.
Pasangan suami istri atau seorang ibu bersama anak laki-laki, apabila tidak ingin berpisah di atas kereta bisa masuk ke dalam gerbong umum.
Saat ini, kereta AC Ekonomi dari stasiun Bekasi menuju Jakarta hampir setiap jam mulai pukul 06.00- 21.00 WIB. Sementara kereta Ekspress hanya delapan kali dalam sehari.
sumber : tempointeraktif

0 comments:

Posting Komentar