BURSA KERJA YANG SEPI

Kamis, 05 Agustus 2010

CikarangNews6: Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi mengadakan bursa kerja (Job Fair) di halaman depan Kantor Dinas Tenaga Kerja di komplek Pemda Kabupaten Bekasi, Delta Mas (4/8). Bursa kerja ini diikuti oleh kurang lebih 20 perusahaan saja. Mulai dari perusahaan manufaktur seperti Sanyo Indonesia, Chemco, Coca Cola, Filtech, sampai perusahaan pengerah tenaga kerja ke luar negeri.

Dari segi penyelenggaraan bursa kerja, tampaknya serba tanggung. Bursa hanya diadakan di halaman kantor yang tadinya adalah tempat parkir. Stand hanya tersedia kurang lebih 20 stand. Peserta sebagian datang karena diundang oleh Disnaker, sehingga tampak kurang persiapan. Hal ini tampak dari misalnya hadirnya dua orang Bagian Personalia dan formulir isian calon pekerja dan satu meja kursi yang disiapkan panitia. Meskipun demikian ada juga yang siap dengan berbagai spanduk, video dan pamflet-pamflet. Ada juga yang hanya menjual tiket perjalanan umroh dan haji.

Meskipun demikian, pencari kerja tampak antusias. Perkiraan Ciknews, paling tidak ada seratusan pencari kerja yang sibuk mengisi formulir lamaran kerja. Apakah memang ada lowongan untuk mereka? Seorang pegawai Personalia sebuah perusahaan manufaktur menjawab, "kami baru menjaring mereka, sebagai data base kami."

Dunia industri memang sedang lesu. Meskipun demikian, tidak berarti tidak ada kebutuhan karyawan. Karena karyawan di perusahaan juga datang dan pergi. Penyelenggaraan Job Fair ini perlu sering diadakan. Hanya saja harus lebih serius, letaknya representatif, strategis, dan pesertanya benar-benar sedang membutuhkan tenaga kerja.

0 comments:

Posting Komentar