Ditemukan Bayi Hasil Aborsi di Tropikana

Jumat, 30 April 2010

CikarangNews6 -

 
Entah apa yang ada di kepala ibu yang menggugurkan bayinya. Pasti panik, merasa berdosa. Sampai saat inipun rasa berdosa pasti terus menghantui pikirannya. Meskipun si ibu telah "berhasil" membuang aibnya di Tropikana. Ya, kemarin (29/4/10) ditemukan mayat bayi mungil laki-laki bernyawa di belakang komplek perumahan ini. Sosoknya terbungkus kain putih dengan panjang kira-kira 30 cm.
Bayi malang yang masih berwarna merah lengkap dengan ari-arinya itu diduga mayat bayi berumur lima bulan hasil aborsi yang dibuang orangtuanya.

Idi (15) gembala kambing menemukan mayat itu pukul 14.30 WIB saat ia sedang menggiring kambingnya di wilayah itu. Idi kaget saat melihat sebuah bungkusan putih dengan bercak darah.

“Saya dekati lalu dicolek ternyata ada darahnya. Lalu saya lari dan ngasih tahu sama pak Jay untuk dilaporkan ke satpam setempat,” ujar remaja putus sekolah ini.

Mendengar laporan penemuan mayat bayi, satpam perumahan Tropikana segera melapor ke Polsek Cikarang Timur. Tim identifikasi Polres Metro Bekasi Kabupaten pun turun tangan untuk olah TKP.

Kapolsek Cikarang Timur, AKP Supriyanto mengungkapkan dugaan sementara bayi tersebut adalah hasil aborsi yang sengaja dibuang orangtuanya. “Sudah diinstruksikan kepada anggota untuk memeriksa tempat-tempat melahirkan yang terdekat dengan radius TKP ini. Bila melihat mayatnya masih belum lama dikarenakan belum dikerubutin lalat atau semut,” ujarnya.

Sumber: Radar_Bekasi.com
READ MORE - Ditemukan Bayi Hasil Aborsi di Tropikana

Al Ichwan Membuka SMAIT di Cikarang

Rabu, 28 April 2010

CikarangNews6 - Al Ichwan adalah sebuah yayasan pendidikan Islam yang tergolong generasi awal di Cikarang ini. Berdiri tahun 1995 yayasan ini berawal dari perkumpulan pengajian keluarga yang dibimbing oleh KH Cholid. Kemudian Ir. H. Madsuri , M.Sc. berinisiatif  membangun sebuah lembaga pendidikan Islam di kawasan Pasir Gombong dibawah naungan YPI Al- Ichwan.

Awalnya Al Ichwan hanya membangun sebuah sekolah TK Islam Al-Ichwan. Namun setahun kemudian dilanjutkan dengan membuat gedung SD Islam Al-Ichwan, sekaligus membangun Masjid Jami Al-Ichwan.

Dalam perkembangannya Al Ichwan dipercaya sebagai salah satu sekolah unggulan dengan biaya relatif murah. Apalagi sejak berubah menjadi SDIT dan TKIT tahun 1998 atas prakarsa Kepala Sekolah yang saat itu dijabat oleh Dewindra Suwita Saleh. Saat itu juga dibuka Kelompok Bermain Al Ichwan demi menangkap animo kepercayaan masyarakat terhadap yayasan ini.

Dengan konsep pendidikan terpadu, maka TK dan SD Al Ichwan menjadi TKIT dan SDIT pertama di Cikarang. SDIT Al Ichwan juga menjadi sekolah yang menerapkan konsep full day school pertama di Cikarang ini dengan 5 hari sekolah setiap pekannya.

Sukses dengan TKIT dan SDIT-nya, Al Ichwanpun membuka SMPIT pada tahun pelajaran 2005/2006. Tahun 2010 ini SMPIT akan meluluskan angkatan ke-3 nya. Lulusan SMPIT Al Ichwan tersebar di beberapa sekolah menengah atas antara lain SMA Negeri 1 Cikarang Utara, SMAN 1 Cikarang Pusat, SMAK Bogor, Pesantren Modern Gontor, Pesantren Assyifa Subang, SMK Negeri Cibitung, SMA Presiden, SMA 1 Bekasi, SMAN 1 Karawang, SMA Global Jakarta dan lain-lain.

Dengan usaha dan kerja keras  serta dengan perjuangan bersama antara yayasan dan para guru, maka di tahun Pelajaran 2010/2011 ini YPI Al- Ichwan kembali membantu Pemerintah dalam memajukan pendidikan berbasis Islam, yakni dengan dibukanya SMAIT Al-Ichwan.

Di SMA ini akan diterapkan konsep bilingual, memadukan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di sekolah. Diharapkan SMA IT Al Ichwan menjadi SMA alternatif . Tekad yayasan dan guru untuk mencetak alumninya yang berakhlaqul karimah, patut menjadi pertimbangan orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sini.

Sebagaimana di SDIT dan SMPIT, SMAIT Al Ichwan juga memberikan beasiswa kepada siswa yang mendapatkan ranking pertama di kelasnya pada setiap semester. Bea siswa dalam bentuk bebas SPP bulanan pada semester berikutnya.
Dalam persiapannya, kini yayasan Al Ichwan sedang membangun sebuah masjid seluas 130 m2 di kompleks SMPIT/SMAIT Al Ichwan. Masjid yang diberi nama Nurul Ichwan ini akan menjadi fasilitas ibadah bagi siswa dan guru. Baik ibadah shalat fardhu, shalat sunnah, mapun kegiatan keagamaan lainnya. Pembangunan Masjid ini dibiayai oleh seorang donatur yang percaya terhadap kiprah Al Ichwan di dunia pendidikan.
READ MORE - Al Ichwan Membuka SMAIT di Cikarang

JM School: Konser Amal Untuk Anggun

Minggu, 25 April 2010

CikarangNews6 - Di hari Minggu 25/04/2010, tak jauh dari JB Plaza, tepatnya di Jl.Tarum Barat 2 no 20 Ruko Pavilion Niaga, JAGUAR MUSIC SCHOOL menggelar konser amal bertajuk "Music for Charity".

Kegiatan yang didukung oleh selusin lembaga dan community se-wilayah Cikarang ini berlangsung tertib dan aman.

Acara dibuka dengan pagelaran marawis "Darun Najwah" dengan membawakan beberapa lagu reliji yang begitu indah. Kemudian disusul ceramah agama yang dibawaan oleh 3 orang da'i kecil dengan 3 bahasa yang berbeda: Indonesia, Inggris dan Arab.

Kelompok anak mudah dari Kota Gudeg-pun tak ketinggalan menguasai panggung dengan alunan musik yang menghentak-hentak, dibawah panji "Serenada Orchestra" music.

Tak kalah hebatnya dengan Serenada, salah seorang murid JM music school mendemonstrasikan kepiawaiannya dalam menggebuk drum. Begitu luar biasanya sang bocah memainkan stik bak penggebuk drum kelompok musik ternama. Amazing....

Acara ini juga dihadiri oleh seorang pejabat yang mewakili Kapolres Cikarang dan H. Emir Sadikin dari Jababeka. Mereka dalam sambutannya memuji penyelenggaraan konser amal ini sebagai sebuah kegiatan yang sangat positif.

Beliau sangat mendukung dan sempat takjub, karena acara tersebut ternyata juga didukung oleh OMS Biker Community, sebuah kelompok pengguna motor dari karyawan PT. Samsung Electronics Indonesia. Lazimnya gang motor dicitrakan negatif di mata masyarakat umum. Namun tentu saja tidak demikian dengan OMS Biker.

Selain Tatang "Gepeng" yang mengocok perut hadirin, acara ini dimeriahkan juga oleh 3 orang artis pendukung film "Love and Edelweiss": Sarah Shafira, Mike Lucock dan Aldo Bamar.

Kehadiran mereka sungguh menyedot banyak wartawan resmi maupun wartawan "kagetan" untuk mengabadikan wajah-wajah tampan dan cantik mereka di camera masing-masing.

Konser amal ini merupakan media pengumpulan dana untuk membantu ananda Anggun yang mengalami kelainan sejak lahir. Anggun tidak memiliki lubang anus, sehingga sangat memerlukan dukungan financial bagi proses operasinya yang membutuhkan biaya sangat besar.

Untuk menggalang dana ada beberapa ide kreatif dari panitia, diantaranya lelang kaos panitia dengan tanda tangan 3 artis "Love and Edelweiss". Selain itu panitia juga mengedarkan kotak-kotak sumbangan ke hadirin.

Hal ini sempat menggelitik nurani 3 artis, sehingga dengan spontan mereka mengeluarkan sebagian isi dompetnya untuk disumbangkan demi meringankan beban ananda Anggun.

Dalam kesempatan ini, Rumah Zakat juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Anggun yang didampingi kedua orang tuanya.

Sedangkan Owner Jaguar Music (JM) school Ruwiyono Hadi berkesempatan memberikan Santunan kepada anak-anak panti asuhan "Darun Najwah" yang diserahkan secara symbolis kepada salah satu perwakilan dari mereka.

Terlihat beberapa sponsor pendukung acara konser amal membuka stand di area sekitar panggung, beberapa dari mereka di antaranya : KTB mang Oman dan Excellent lab.

Alhamdulillah, acara berlangsung dengan aman dan lancar, meski dibawah panas terik matahari.

Sungguh bentuk nyata kepedulian kita terhadap sesama merupakan sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan.(nik)

---

Salurkan bantuan anda ke Rekening BCA

a/n: Darmawan Saefullah – No. Rek: 8730065885

a/n: Chairunas - No.Rek: 8730109548

READ MORE - JM School: Konser Amal Untuk Anggun

Peresmian BIKE ZONE


CikarangNews6 - Dengan dibukanya acara JB FUN BIKE 2010 pada hari Minggu (25/04/2010), maka penggunaan jalur sepeda BIKE ZONE telah diresmikan..

JBFUNBIKE2010 juga diselenggarakan dalam rangka ulang tahun pusat perbelanjaan Kota jababeka, JB Plaza yang telah menginjak usia ke-7.

Rute FUNBIKE mengambil start dari Movieland dan berakhir di halaman parkir Plaza JB.

Peserta yang terdiri dari berbagai usia berbaur menjadi satu dengan tujuan yang sama "menggoes", fun dan sehat.

Terlihat beberapa hal yang unik, diantaranya kelompok sepeda kumbang yang dikendarai oleh bapak-bapak separoh usia dan kelompok sepeda jangkung para bujangan funky.

Tak ketinggalan kaum biker sejati dengan berbagai jenis sepeda ber-merk yang tak bisa dimiliki semua pengendara sepeda.

Dua peserta yang berhasil diwawancarai CikarangNews6 memberikan kesaksian bahwa acara semacam ini sudah sering mereka sambangi.

Mereka adalah dua orang PNS dari wilayah Subang yang sudah mengikuti acara sejenis di seantero pulau Jawa dan Madura.

"Dari mana pak?"
"Kami dari wilayah Subang, Mas."
"Jauh juga ya, jam berapa berangkat, Pak?"
"Jam 12 malem mas, rombongan sama kawan-kawan yang lain satu mobil"
"Pastinya suatu club sepedaan, Pak, ya?
"Bener, ada beberapa club. Ada Bimasena, Pandawa dan lain-lain"
"Bagaimana pendapat Bapak dengan acara sepedaan ini ?
"Bagus...kami memang menyukai acara ini Mas, mungkin karena hobby"
"Sudah sepedaan kemana aja, Pak?"
"Belum lama ini kami ikut sepedaan di wilayah Bandung yang di prakarsai Pak Dede Yusuf. Beberapa waktu yang lalu kami juga tour ke Madura melalui jembatan Suramadu selama dua hari"
"Luar biasa, Pak. Sudah banyak dong koleksi kaosnya? Apakah keluarga/istri tidak marah, Pak?"
"Ya, mas...Alhamdulillah, istri mendukung 100% koq.."
"Ngomong-ngomong, berapa harga sepeda bapak nih?"
"Ini murah mas, rakitan sendiri, cuman Rp 45juta."
"Masya Allah...."

Beberapa saat kemudian CikarangNews6 bergerak ke arah salah satu peserta stand sepeda, banyak sekali ragam sepeda yang dipajang. Dari mulai harga 1.5 juta hingga 11.5juta-an.

Sambil menunggu pengundian hadiah, peserta dihibur oleh seorang MC konyol dan pertunjukan live musik yang telah disiapkan panitia di halaman parkir JB Plaza. (nik)

READ MORE - Peresmian BIKE ZONE

10 Desa Bakal Jadi Kelurahan

CikarangNews6 (25/4/2010) - Setelah lima desa berubah statusnya menjadi kelurahan di Tahun 2009 lalu, kini Pemkab Bekasi bakal merubah status 10 desa lagi menjadi kelurahan. 


Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, Ahmad Kosasih, memastikan perubahan 10 desa menjadi kelurahan akan dilakukan tahun 2010 ini. Menurut Ahmad Kosasih, hal ini dilakukan setelah dilakukan kajian dan dorongan dari masyarakat.

“Ini datang dari kemauan masyarakat, dimana sebagai pemerintah daerah, kita telah melakukan kajian tinggal menyelesaikan hasilnya. Dilihat dari aspek wilayah, tingkat sosial, ekonomi, dan lain-lain maka dalam waktu dekat ini Pemkab Bekasi akan berupaya meningkatkan status 10 desa menjadi kelurahan,” jelas Ahmad Kosasih.

Mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Bekasi ini mengatakan, hasil kajiannya sudah diserahkan ke Sekretaris Daerah, juga pada Bupati Bekasi. Usulan tersebut juga sudah dimasukkan dalam Prolegda (Program Legislasi Daerah).
Untuk perubahan status ini dialokasikan dana Rp 20 miliar oleh Pemkab Bekasi. 
“Jadi anggaran untuk merubah satu desa sebesar Rp 2 miliar,” ungkapnya.
Kesepuluh desa tersebut adalah, Telaga Murni, Karang Asih, Kertasari, Lambang Sari, Telaga Asih, Tambun, Wanajaya, Kalijaya, Tamanrahayu dan Sukadami.  “Tapi di dalam paripurna ABT bulan Juni nanti, kita prioritaskan dua desa, Telaga Asih dan Tambun yang akan ditetapkan bulan Agustus 2010. Jadi dua wilayah itu sudah mendapatkan anggaran ABT, dan kebetulan saja masa Kepala Desa Telaga Asih sudah habis masa jabatanya,” terangnya.

Sumber: Radar-Bekasi.com 
READ MORE - 10 Desa Bakal Jadi Kelurahan

Korp Muballigh Cikarang Diresmikan

Sabtu, 24 April 2010

CikarangNews6 - Hari ini (24/4/10) Korp Muballigh Cikarang (KMC) resmi diluncurkan. Acara peresmiannya dilaksanakan di Gedung Wibawa Mukti Kompleks Pemda Kabupaten Bekasi. Dihadiri oleh sekitar 300 undangan, acara dibuka jam 9.15 dan berakhir sesaat sebelum azan dhuhur dikumandangkan dari Masjid Pemda.

Menurut release yang dikeluarkan oleh KMC, lembaga ini didirikan sebagai wadah bagi muballigh dan muballigah se-Cikarang. Dengan adanya wadah ini tercipta koordinasi dan silaturahim yang baik di antara para muballigh dan muballighah yang ada di Cikarang.

"Da'wah tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Semakin kompleks permasalahan yang kita hadapi. Maka diperlukan kerjasama menyatukan langkah, memperkuat ukhuwah para da'i itu sendiri. Maka diperlukan wadah para muballigh. Untuk itulah KMC didirikan." demikian kata seorang pengurus KMC dalam sambutannya.

Cikarang memiliki banyak potensi muballigh. Maka perlu diberikan wadah sehingga hasilnya tampak nyata dalam bentuk peningkatan pengamalan nilai-nilai Islam di Cikarang ini.

Pada acara ini juga dilaksanakan pengukuhan pengurus KMC oleh KH. Ubaidillah Hamdy, Dewan Pembina KMC. Adapun struktur lengkap pengurus KMC adalah sebagai berikut:

Dewan Pembina:
Drs. K.H. Ubaidillah Hamdy, M.Pd
DR. Ayub Rohadi, M.Phil

Dewan Penasehat:
KH. Ahmad Dasuki Harun
H. Ahmad Husein Dahlan, Lc. MM

Ketua Umum:
HM. Adih Amin, Lc, MA

Bendahara: 
Ust. Syuhada, S.Ag.

Sekretaris:
Ust. Syaibih, S.Ag

Ketua I Bidang Da'wah:
Ust. H. Widodo
Ust. Khoiriri

Ketua II Bidang Kajian dan Konsultasi Syariah:
Ust. Sana'ul Jamil, SPdI
Ust. Marzuki Husein, SPdI
Ust. Ade Abdullah

Ketua III Bidang Pelatihan Dan Pengembangan Keilmuan: 
Ust. Mursalin
Ust. Kamaluddin, S.SosI
Ust. H. Choirul Asyhar, Ir.
 
READ MORE - Korp Muballigh Cikarang Diresmikan

JB FUNBIKE 2010 & BIKE ZONE

Selasa, 20 April 2010

CikarangNews6:Untuk kesekian kalinya PLAZA JB akan mengadakan acara FUN-Tastic dengan menggelar sepeda santai (JB FUNBIKE 2010) pada hari Minggu 25-04-2010.



Acara yang spektakuler ini diselenggarakan dalam rangka ulang tahun PLAZA JB yang ke-7 sekaligus sebagai "gong" untuk meresmikan jalur BIKE-ZONE.Yaitu zona aman untuk para pengendara sepeda ontel diwilayah perumahan Cikarang Baru, Kota Jababeka.

Dengan menyampaikan misi "Meningkatkan rasa kekeluargaan bagi masyarakat Cikarang serta menciptakan masyarakat Cikarang yangsehat dan selalu menghargai pentingnya sehat"

Bike Zone yang telah disiapkan terbentang dari wilayah Movie Land hingga menelusuri Botanical Garden di Tropikana dibawah rindang pepohonan.

Konon tak kurang dari 1.500 hingga 2.000an bikers, kelompok Bike To Work, pelajar, Karyawan/ti juga masyarakat umum bakal meramaikan JB FUNBIKE 2010 ini, mereka hadir dari wilayah JABODETABEK, PANTURA sampai BANDUNG.

Peserta JB FUNBIKE 2010 akan dibagi menjadi 2 Rute, masing-masing rute adalah sebagai berikut :

Rute 1 : Start depan Jababeka Movie Land – Bundaran Golf – Polres – Bundaran Golf – Jababeka Movie Land – Perum Puspa – Metro Boulevard – Makorem – Finish Depan Plaza JB.

Rute 2 : Depan Sport Center Plaza JB – PT. Mattel – Jl. Kasuari Raya – Jababeka Movie Land – Mattel Dormitory – Metro Bolulevard – Finish President Executive Club

Diharapkan dengan hadirnya BIKE ZONE di wilayah Perumahan Cikarang Baru ini akan semakin membuat nyaman dan aman bagi para pengendara sepeda,sekaligus merupakan proyek percontohan bagi perumahan-perumahan yang lain.


Bupati Bekasi Dr. H SA'DUDDIN MM didampingi Direktur Jababeka Bpk.Hyanto Wihadhi dijadwalkan akan berkesempatan untuk membuka JB FUNBIKE 2010.


Dengan biaya pendaftaran hanya Rp 30.000,- peserta akan mendapatkan T-shirt, snack dan tentu saja memiliki kesempatan untuk mendapatkan beberapa jenis Door-Prize, diantaranya : Sepeda motor, Sepeda, tv, kulkas dan lain-lain.

Dan tentu saja akan dihibur dengan pertunjukkan Live Music juga berbagai macam bazar.

Segera ambil posisi dan daftarkan diri melalui :

Fahrul : 083890200778 / 02197611933.

Atau bisa membeli tiket di agen-agen yang telah ditunjuk panitia.


Sumber : Mas Rezhi (phone/email)

-






READ MORE - JB FUNBIKE 2010 & BIKE ZONE

Alfajri Foundation : Semua berawal dari mimpi

Senin, 19 April 2010


CikarangNews6: Bayang-bayang sepanjang jalan, itu kata pepatah yang berarti cita-cita harus di sesuaikan dengan kemampuan , namun sebagai seorang muslim pepatah itu hanyalah ungkapan.

Yang lebih penting bagi seorang muslim adalah kekuatan usaha,ikhtiar dan keikhlasan yang akan menjadi satu penentu keberhasilan segala sesuatu.

For someone who really want to achieve something great, then he will realize that ambition in life. ( Bagi seseorang yang hendak meraih sesuatu yang BESAR , niscaya dia harus menjelmakan cita-citanya dalam keseharian, dalam arti minta sama Allah dan niat yang baik ).

Hendaknya kita tetap berusaha mewujudkan segala sesuatu dengan bersandarkan pada qudrot dan irodat Allah SWT.Saat itu saya berkeinginan untuk memiliki sebuah lembaga sosial yang juga sekaligus berfungsi sebagai lembaga dakwah.

Ternyata Allah mendengar do’a saya……

Akhir tahun 2007 saya mendapatkan undangan kehormatan Islamic Council Australia yang berpusat di Sydney untuk mengajar muslim community dan juga Islamic School.

Ini sebuah tantangan besar, karena saya harus berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing (inggris).Tiga bulan pertama saya diberi tugas sebagai trainer, namun setelah itu saya diberi kepercayaan lebih sehingga harus memperpanjang visa hingga 1tahun.

Saya memulai aktifitas mengajar muallaf dan kerohanian di sebuah penjara “immigration Australia”.Dengan mendapatkan gaji bulanan, fasilitas, sarana mengajar dan tempat tinggal dengan akomodasi yang lebih dari cukup.

Obsesi untuk memiliki lembaga sosial & dakwah seringkali saya ungkapkan ketika berinteraksi dengan mereka, baik ketika mengajar maupun dalam forum-forum dan diskusi.

Lambat laun banyak yang merespon keinginan baik saya tersebut, baik dari perorangan maupun dari perusahaan-perusahaan mereka.Bantuan berupa uang untuk mendirikan lembaga sosial & dakwah seperti mimpi saya.

Cikal bakal lembaga tersebut sudah ada semenjak berdirinya Toko Buku Alfajri di cikarang, Bekasi.Setiap bulan Ramadhan ada zakat fitrah dan infaq dari masyrakat muslim Australia yang saya salurkan melalui Alfajri.

Bahkan ketika Idul Qurban tiba, saya mendapatkan jatah kambing qurban yang cukup banyak, yang sebagian saya salurkan juga melalui Alfajri.

Inilah awal dari terbentuknya “Alfajri Foundation Australia”, perpanjangan tangan dari kepedulian warga muslim Australia di Christmas Island kepada warga Cikarang dan sekitarnya.


Dipenghujung tahun 2008 ketika masa visa saya berakhir, ternyata masyarakat muslim Australia semakin berantusias untuk memberikan apresiasi dengan memberikan visa Religious Worker dan tinggal yang semi permanent.

Juga bantuan dalam bentuk uang yang cukup besar untuk membeli tanah dan bangunan seluas 500 M2 di Desa Hegarmana, Cikarang Timur.

Maka, berdirilah sebuah Yayasan Alfajri Cahaya Umat dengan dukungan dari Alfajri Foundation yang bergerak dalam bidang sosial dan da’wah.Salah satu aplikasinya adalah dibentuknya pesantren anak Yatim.Yang beralamat di :



Dusun Hegarmana Rt.03/02 No.75 Cikarang Timur
Kabupaten BEKASI
Telp : (62)021 37015550



Yang bertindak sebagai ketua harian Yayasan Alfajri Cahaya Umat adalah Ust. Marzuki

Semenjak berdirinya Yayasan Alfajri Cahaya Umat tersebut, ada beberapa kegiatan sosial yang telah kita selenggarakan diantaranya berupa pembagian uang zakat, penyembelihan hewan qurban dan bahkan ikut berkontribusi meringankan beban korban musibah banjir di wilayah Cikarang dan sekitarnya.

Walaupun lembaga itu masih dalam penataan system dan aktifitasnya tapi saya berusaha untuk tetap menjalan apa yang menjadi planning dari pada yayasan tersebut.

Alhamdulillah dengan kontribusi saudara-saudara kami di Australia pengelolalaan yayasan tersebut dapat berjalan dengan baik. Sebagai satu visi dan missi sebuah lembaga sosial dakwah untuk menjadikan ummat yang lebih bermartabat di hadapan siapaun.

Cita-cita besar memerlukan pengorbanan besar itu yang terus menjadi perhatian saya, bahwa mimpi itu telah menjadi kenyataan tinggal bagaimana kita mengemban amanah itu dengan baik dan profesional.


Akhirnya, do’a dan bantuan apapun yang dapat menambah kegiatan positif sangat kami perlukan.

Saudaraku, sebuah obsesi akan terwujud karena keikhlasan kita dalam beramal dan tentu dengan pertolongan Allah. dengan orang-orang yang ikkhlas, ikhlas berda’wah, ikhlas beramal, dan ikhlas dalm memperjuangkan kebenaran ini.

Jika kita menolong Agama Allah, Allah akan menolong kita dan ini adalah semua bentuk pertolongan Allah dan antum semua, pertolongan Allah pasti sesuai dengan masanya,bermimpilah dulu untuk mendapatkan sesuatu.


Jangan pernah berharap kalau kita belum bermimpi, itulah kata pepatah.


Intansurullah yansurkum wayusabbit aqdaamakum, Wallahu a’lam bisshowab.
READ MORE - Alfajri Foundation : Semua berawal dari mimpi

Dialah Lelaki Sejati

CikarangNews6:Saudaraku, seperti apa sih lelaki sejati itu? Apakah yang kuat dan tegas? Ataukah lemah lembut dan penuh kasih sayang? Apa mungkin juga kombinasi dari keduanya?

Secuil tulisan ini tidaklah cukup untuk melukiskan sosok besar seorang sahabat mulia yang “kehadirannya” serta “kebergabungannya” dalam barisan dakwah tak pernah terlintas secuil pun pada para sahabat yang lain, dialah Umar “Al-Faruq” Radiyallahanhu.

Tahukah kalian, Rasul SAW pernah berdoa kepada Allah untuk menguatkan Islam dengan salah satu dari dua orang : Abu Jahal atau Umar bin Khatab. Dengan ijin Allah, Umarlah yang terpilih. Dibalik sifatnya yang kasar dan keras, hidupnya yang tenggelam dalam kejahiliahan, perasaan bencinya dan niatannya yang ingin membunuh Nabi, ALLAH memilih Umar dan menunjukan hati Umar ketika ayat Qur’an dibacakan.

Tahukah kalian, Rosul SAW pernah menjelaskan bahwa “Allah meletakan kebenaran di lidah dan hati Umar”. Dia adalah sahabat nabi yang keras dan tegas terhadap orang kafir dan kemungkaran, namun lembut hati kepada orang-orang yang beriman. Karenanya ia dijuluki “Al-Faruq”, yang tegas membedakan yang hak dan yang batil. Syaitan pun menyingkir, tidak berani berada di jalan yang akan dilalui Umar.

Tahukah kalian, dibalik keperkasaan seorang Umar, terdapat dua garis hitam di wajahnya karena banyak menangis. Umar yang kuat kerap menangis saat membaca Qur’an, Umar merasa lemah dihadapan Robbnya. Seorang Umar juga luluh hatinya dan menangis karena rengekan anak kecil yang lapar. Bahkan, Umar yang pemberani ini lemas mendengar wafatnya Rasul SAW dan gemetar ketika sahabat Abu Bakar RA mengingatkannya tentang kedudukan Nabi.

Tahukan kalian, dibalik kebernanian Umar di medan perang menghadapi musuh-musuh Allah SWT dan Rasul-Nya, ia adalah sosok seorang suami penyabar. Umar memilih diam saat Istrinya mencereweti dan mengomeli karena suatu perkara. Sahabat yang dijamin masuk Surga Allah itu berlapang hati dan ridha karena melihat jasa-jasa istrinya yang begitu besar melahirkan anak-anaknya dan mengurus Umar dan anak-anak tanpa kenal lelah.

Tahukah kalian, Rosul SAW pernah berkata, “Jikalau ada nabi yang akan datang setelah aku, orang itu adalah Umar“. Namun, Umar tidak pernah merasa mulia, dengan segala kerendahan hatinya ketika ia akan dibai’at Abu Bakar sebagai Kholifah pertama pengganti Nabi, ia berkata, “Andai leherku terjulur di bawah pedang, lantas pedang itu menebasnya sampai putus di jalan Allah adalah lebih baik daripada aku memerintah umat Islam, yang didalamnya ada Abu Bakar”.

Semoga Allah meridhoi para sahabat nabi semuanya.

Dan semoga, Allah Azza wa Jalla akan “menghadirkan” kembali Umar-Umar di zaman ini.

*diedit dari http://azzamdf.multiply.com/journal/item/220/220

READ MORE - Dialah Lelaki Sejati

Sa'aduddin, Kesederhanaan Seorang Bupati

Jumat, 16 April 2010


CikarangNews6:Sederhana. Itulah prinsip utama Sa'aduddin. Orang nomor satu di Kabupaten Bekasi ini ke mana-mana kerap tampil seadanya. Kedua kakinya sangat jarang berbalut sepatu kulit mengkilat. Ditambah lagi, sikap cueknya terhadap aturan protokoler yang serba formil.

Banyak peristiwa unik dari sikap santai serta jauh dari protokoler yang dilakoni Sa'aduddin. Salah satunya ketika melakukan kunjungan kerja ke salah satu kecamatan. Dia diam-diam duduk di sebuah warung kopi tak jauh dari lokasi acara tujuannya. Dia tersenyum geli saat mendengar obrolan beberapa pengunjung warung kopi itu.

"Mereka bertanya-tanya, kok bupatinya nggak datang-datang ya," ungkap Sa'aduddin saat berbicara dengan detikcom, Kamis (15/4/2010).

Bapak dari 8 anak ini mengaku dirinya tidak anti protokoler yang serba resmi. Dia hanya ingin tidak terlalu formil saat bertemu warganya. Sebab dengan demikian, dia bisa mendengar dan melihat lebih dekat kondisi warganya.

"Kalau kita jauh, warga tentunya ya juga jauh. Ukuran sukses juga tidak dinilai dari harta atau jabatan, tapi bagaimana saya bisa siap melayani dan memberikan yang terbaik bagi warga masyarakat sepanjang jabatan saya ini," ujar Sa'aduddin.

Sejak memimpin Kabupaten Bekasi, penyandang gelar doktor ini telah melakukan berbagai terobosan. Untuk urusan pendidikan, dia menggratiskan biaya pendidikan mulai tingkat SD hingga SMP. Tunjangan bagi kesejahteraan para guru pun tak luput diberikan.
Layanan kesehatan masyarakat pun menjadi perhatiannya. Termasuk di antaranya mengupayakan peningkatan pelayanan rumah sakit di Kabupaten Bekasi dengan meningkatkan kelas plus ketersediaan peralatan.

Demikian pula dengan sektor ekonomi. Sa'adudin tengah gencar melakukan optimalisasi sumber penerimaan serta merevisi beberapa regulasi terkait retribusi daerah. Dia juga menggiring pihak swasta agar terlibat dalam proses pembangunan.

"Keterlibatan pihak swasta dalam pembangunan sangat strategis. Terlebih jumlah pengangguran terbuka di Kabupaten Bekasi mencapai lebih dari 143 ribu orang," tutur Sa'aduddin.

Diakui Sa'aduddin, menarik minat swasta untuk melakukan investasi di wilayahnya bukan perkara sepele. Sebab, para investor butuh kepastian hukum dan iklim yang kondusif. Terutama masalah birokrasi dan perizinan usaha yang berbelit-belit. Untuk itulah, Pemkab Bekasi berniat menerapkan pelayanan perizinan satu atap.

"Ke depan, layanan perizinan ini akan kita tingkatkan statusnya menjadi sebuah badan," terang Sa’duddin.

Di akhir cerita, Sa'aduddin mengaku mempunyai 3 doa utama yang selalu dilafalkan setiap hari. Pertama, dirinya selalu berdoa agar bisa menjalani hidup dengan ikhlas. Kedua, dia berdoa agar dirinya selalu istiqomah.

"Yang terakhir adalah bagaimana saya ini nanti dapat meninggal dalam kondisi beriman dan khusnul khotimah," ungkapnya.

sumber : detiknews
READ MORE - Sa'aduddin, Kesederhanaan Seorang Bupati

Sungai Cilemahabang Meluap!

Kamis, 15 April 2010


CikarangNews6: Rabu petang (14/04/2010) aliran sungai Cilemahabang sempat luber, setelah turun hujan lebat selama kurang lebih 30menit.

Air sungai tumpah hingga melewati batas tanggul dan mengaliri jalan Cilemahabang juga sempat memasuki daerah Kedasih, Puspa dan Puspita hingga sebatas matakaki.

Kejadian ini membuat panik warga, sehingga mereka berhamburan ke tepi sungai untuk melihat situasi luapan air.

Sungai Cilemah abang yang membelah kawasan perumahan cikarang baru memang sangat rawan.

Pada awal tahun 2007 sungai ini pernah meluap merendam wilayah sekitarnya selama hampir 10jam lamanya.Air menggenangi rumah sampai batas dada orang dewasa.

Menurut informasi, kejadian tersebut diakibatkan ditutupnya pintu air diwilayah citarik/karawang.

Barangkali Kejadian inilah yang membuat trauma sebagian warga, mereka sempat panik dengan mengungsikan kendaraan dan menaik-naikkan benda perabotan di rumah masing-masing.

Beruntung air segera surut 30menit kemudian.Tinggal menyisakan kotoran berupa tanah liat.

Team Cikarangnews6 memantau situasi hingga pukul 17.15petang..
READ MORE - Sungai Cilemahabang Meluap!

Rokok yang Bikin Tobat

Selasa, 13 April 2010


CikarangNews6: Berhenti merokok buat banyak orang bukan perkara mudah. Dihimbau, diingatkan atau ditakut-takuti karena merusak kesehatan tak mampu membuat perokok kapok. Tapi ada banyak kisah inspiratif yang membuat si perokok tobat.


Rokok tak hanya merusak jantung, paru, otak. Tapi efek merokok juga bikin buruk rupa alias penampilan yang tidak sehat seperti gigi kuning, noda hitam di wajah dan kulit jadi mudah keriput.


Tar dan nikotin adalah dua zat paling berbahaya diantara 4.000 jenis zat kimia lainnya di dalam rokok. Praktisi totok rokok Fuad Baradja yang dijumpai detikHealth, Kamis (8/4/2010) mengatakan kemauan adalah kunci bagi yang ingin berhenti merokok.


"Banyak perokok yang kalau ditanya, dalihnya adalah sulit untuk berhenti. Sebenarnya masalahnya bukan sulit atau tidak sulit. Simpel saja, ini soal mau atau tidak mau untuk berhenti," katanya.


Di Indonesia, rendahnya motivasi untuk berhenti merokok antara lain dipicu oleh kurangnya informasi. Kalaupun ada, seringkali informasinya menyesatkan. Sebagai contoh, Fuad menyebut iklan-iklan rokok yang mencitrakan perokok sebagai pribadi yang macho.


Kondisinya berbeda dengan negara lain seperti Singapura. "Di sana, untuk menjalani terapi berhenti merokok orang rela antre. Motivasinya besar, pertama karena harga rokok mahal. Kedua, tempat untuk merokok benar-benar dibatasi.


Untuk merokok orang harus mencari tempat khusus, dan itu repot. Ketiga, iklan dan himbauan antirokok ada di mana-mana. Ini memunculkan stigma tertentu, yang membuat orang akan merasa terhina kalau sampai merokok," tuturnya.


Rokok dan ceritanya:
1. Seorang sopir berhenti merokok selama 2 tahun karena berniat membeli motor. Dia bisa menyisihkan Rp 600 ribu/bulan untuk bayar cicilan. Begitu motor lunas ia merokok lagi, lalu jatuh sakit dan terpaksa menjual motor tersebut untuk ongkos berobat.


Sebuah pencapaian yang bagus sebenarnya, ketika sopir itu mampu berhenti merokok selama 2 tahun sementara banyak orang kesulitan untuk melakukannya. Ia bahkan jadi punya motor sendiri. Tragisnya, gara-gara merokok lagi ia malah kehilangan motor tersebut.
Cerita di atas hanyalah salah satu dari banyak kisah inspiratif yang bisa ditemui di grup Bikin Teman Berhenti Merokok, yang terdapat di situs jejaring Facebook yang dikelola Fuad. Semuanya menceritakan pengalaman orang-orang yang berhenti merokok. Banyak diantaranya cukup menggelitik kalau direnungkan.



2. Kisah tentang seorang mantan ketua organisasi Islam di Yogyakarta, yang diposting Rabu (7/4/2010). Ia berhenti merokok setelah menyadari bahwa aktivitas merokok adalah satu-satunya aktivitas yang tidak pernah dimulai dengan menyebut nama Allah.
Saat hendak makan dan minum ia selalu membaca Basmallah, tapi saat merokok tak sekalipun ia pernah membacanya. Ini lantas membuatnya yakin bahwa ada sesuatu yang salah dalam merokok.



3. Seorang kakek di Malang Jawa Tengah yang punya industri rokok rumahan, diposting pada Selasa (6/4/2010). Saat diberi tahu soal hukumnya, ia kurang setuju. Tapi setelah diberi penjelasan soal bahaya rokok, ia menutup usahanya itu. Konon untuk menebus dosanya, iapun beralih ke usaha minuman kesehatan berbahan jahe dan temulawak.


Fuad memang dikenal giat mengkampanyekan gerakan antirokok, termasuk di antaranya lewat Facebook. Salah satu status yang ia tulis awal tahun ini sempat jadi kontroversi karena dinilai melecehkan ulama.(up/ir)


source : DetikHealth
READ MORE - Rokok yang Bikin Tobat

Sedekah Pohon Ala Forum Muslim Graha Asri

Senin, 12 April 2010

CikarangNews6 -  Sedekah tidak cuma dengan uang. Demikianlah, maka Forum Muslim Graha Asri (FMGA) mencanangkan program sedekah pohon. Bukan memberi 'sedekah' kepada pohon untuk menolak balak. Tapi memfasilitasi khalayak untuk bersedekah dalam bentuk pohon. Yang selanjutnya pohon-pohon itu ditanam untuk menghijaukan Graha Asri khususnya dan Cikarang pada umumnya.                                                                      


Program ini digulirkan oleh FMGA sebagai reaksi atas kondisi "eksploitasi hutan, hilangnya area taman menjadi perumahan/perindustrian, semakin jarang dan berkurang pepohonan sebagai penghasil oksigen yang kita konsumsi setiap detiknya." kata Kahar dari Bidang Lingkungan FMGA.

Program ini diberi nama “SHODAQOH TANAMAN” dengan tema : “HIJAU, ASRI, MENGHIDUPI“. Sebuah program penghijauan yang melibatkan seluruh warga Graha Asri untuk mengembalikan lingkungan seimbang dengan penghijauan.

FMGA mengajak seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi dalam program penghijauan ini dengan menanam pohon di rumah masing-masing dan meng-shodaqoh-kan tanamannya untuk di tempatkan di lingkungan Graha Asri dan sekitarnya (Cikarang – Kab. Bekasi).

Selain tanaman FMGA juga menerima sedekah berupa pupuk, polibag, pot, kaleng bekas, drum, dan lain-lain yang bisa digunakan sebagai media tanam. Tentunya "kami juga menerima bantuan dana yang akan dikelola oleh panitia untuk mensukseskan program ini." demikian lanjut Kahar. 

Jenis tanaman dapat berupa Tabulampot (TAnaman BUah daLAM POT), Tasalampot (TAnaman SAyur daLAM POT), tanaman hias, ataupun tanaman apotik hidup. Bagi warga Graha Asri atau siapapun yang ingin berpartisipasi dapat menghubungi koordinator kegiatan ini yaitu Bapak Rohmat (08128201167).

READ MORE - Sedekah Pohon Ala Forum Muslim Graha Asri

Hiruk-pikuk Pasar Festival

Minggu, 11 April 2010



Cikarangnews6 (11/04/2010) - Keberadaan Pasar Festival di wilayah Botanical Garden Perumahan Cikarang Baru dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan "rekreasi keluarga" favorit di akhir pekan.

Selain letaknya yang dekat, lingkungan disekitarnya dikerumuni pepohonan hijau yang membuat nafas kita segar.

Sejak pukul 6.00wib pagi suasana keramaian disini mulai berdenyut, baik pedagang, pejalan kaki, penggoes sepeda, maupun mereka yang membawa kendaraan bermotor atau pengendara mobil pribadi.

Tanpa komando mereka mulai berkerumun secara teratur.

Pemandangan yang warna-warni cukup membuat anak-anak kita sumringah.Lihatlah keindahan pedagang balon, mainan anak, hingga kereta, dokar dan delman yang berkeliling di area sekitar Pasar Festival.

Untuk kelompok pecinta kuliner, tentu bisa juga memanjakan lidah disini.Berbagai macam makanan dijajakan.Dari mulai soto, nasi pecel, nasi rames dan berbagai minuman dingin.Semua bisa dicicipi sesuai selera.

Bahkan ada juga penjual baju, sprei dan lain sebagainya.

Untuk anda pengendara sepeda motor, telah disediakan tempat parkir yang sangat leluasa dengan hanya membayar karcis Rp 1.000,-.

Sayangnya ada yang luput dari perhatian pihak pengembang, banyaknya mobil diparkir di pinggiran jalan, berderet cukup panjang sehingga mengurangi area gerak pengendara sepeda motor dan pejalan kaki.

Disamping Pasar Festival juga terdapat kerumunan warga yang cukup banyak.Mereka adalah kelompok pesenam aerobik nusantara.senam yang bisa diikuti siapa saja, dan GRATIS.




Senam nusantara tidak hanya menjadi favorit anak muda, manula bahkan anak-anak usia balita pun terlhat ikut aktif bersenam ria.Karena memang gerakan senam nusantara yang simple dengan diiringi musik bernuansa etnis dari sabang sampai merauke.

Mencari sarapan dan minuman segar setelah senam nusantara tentulah menjadi rangkaian acara minggu pagi yang menyehatkan dan sangat menyenangkan. [nikolas]
READ MORE - Hiruk-pikuk Pasar Festival

Warga Ancam Tutup Ekplorasi Minyak di Hurip Jaya

Jumat, 09 April 2010

CikarangNews6:Ribuan warga empat kampung di Desa Hurip Jaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, mengancam akan menutup eksplorasi minyak oleh tiga perusahaan rekanan Pertamina, jika warga di sekitar ekplorasi minyak tersebut tidak diakomodir kepentingannya. Empat kampung yang berada di sekitar eksplorasi minyak tersebut di antaranya Kampung Cabang empat dan Kampung Setia Mekar.

"Kami ini hanya meminta sedikit kebijaksanaan dari rekanan Pertamina yang sedang mengeksplorasi minyak untuk memberikan dana kompensasi atau paling tidak pekerjaan bagi warga yang masih menganggur," ucap Anggota Karang Taruna Hurip Jaya, Rosidi saat ditemui "PRLM", Kamis (8/4).

Desakan tersebut, kata dia, sudah lama dilakukan, bahkan warga ingin melakukan diskusi dan musyawarah untuk membicarakan hal ini pun, perusahaan tidak mau mendengar apalagi mendatangi undangan musyawarah dari warga. "Jangan hanya warga sekitar ini dapat kerugiannya saja dan tidak bisa menikmati keuntungannya. Kalau ada limbahnya, warga yang menanggung namun tidak pernah dilibatkan untuk sedikit mencicipi keuntungan dari ekplorasi minyak ini," ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Forum Masyarakat Desa Penghasil Migas (FMDPM) Kabupaten Bekasi, Ibnu Hajar. Ia meminta kepada PT Pertamina memprioritaskan masyarakat setempat sebagai tenaga kerja profesional melalui pembinaan kemampuan masyarakat.

Sekretaris Desa Hurip Jaya, Supriadi membenarkan kekesalan warga. Bahkan, warga melakukan aksi pemasangan spanduk dengan isi tuntutan mereka. "Sejauh ini tuntutan warga kami anggap wajar saja, dan aksi dalam melakukan penuntutan juga tidak mengarah tindakan anarkis. Kami sebagai aparat desa meminta hendaknya kedua belah pihak bertemu saja melakukan musyawarah," tuturnya.

sumber : pikiran-rakyat
READ MORE - Warga Ancam Tutup Ekplorasi Minyak di Hurip Jaya

Dana Kematian bagi Rakyat Miskin pun Disunat

CikarangNews6:Pencairan dana kematian bagi rakyat miskin di Kabupaten Bekasi yang semestinya satu keluarga mendapat Rp 2 juta banyak dikeluhkan warga karena mereka menerima dana tersebut hanya Rp 1,5 juta. "Hampir semua penerima dana kematian disunat jumlahnya hingga Rp 500 ribu. Alasannya untuk biaya administrasi," ucap salah seorang warga Desa Sukamulya, RT 13/06, Wati (38) kepada "PRLM", Kamis (8/4).

Dana bantuan bagi keluarga miskin yang mendapat musibah ini, telah dua tahun dianggarkan dari Pemkab Bekasi yang dicairkan melalui Dinas Sosial. Kematian yang wajar misal karena sakit maupun kematian karena lanjut usia yang berhak mendapat dana kematian.

Salah seorang warga lain, Manta (40) mengatakan, dana kematian yang diperolehnya langsung dipotong Rp 500 ribu dengan alasan yang sama, yaitu biaya administrasi dan ongkos petugas desa mengurusnya ke Dinsos Kab. Bekasi. "Seharusnya kan kami mendapat Rp 2 juta seperti yang dinjanjikan Bupati. Kalau memang meminta uang terima kasih, harusnya bilang dulu, tapi ini langsung dipotong saja," tuturnya.

Meski begitu, hal tersebut dibantah oleh Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat Desa Sukamulya, Marjaya. Menurut dia, pemotongan tersebut untuk biaya transport pengurusan pencairan bantuan. "Mengurus cairnya dana kematian tidak cukup dua kali bolak balik. Bisa empat sampai lima kali, itu semua kan pakai ongkos," ungkapnya.

Proses pencairan dana kematian yang dianggap bertele-tele, juga mendapatkan sorotan dari DPRD Kab. Bekasi. DPRD akan mengevaluasi proses tersebut. Meski sudah dianggarkan Rp 9 miliar tahun ini, proses pencairan dana tersebut oleh Dinas Sosial dinilai terlalu bertele-tele.

”Jumlah orang meninggal di Kabupaten Bekasi ini paling banyak mungkin hanya 10 orang dalam sehari. Tapi kenapa pencairan dananya, bisa lambat hingga dua bulan lebih,” tutur Ketua DPRD Kab. Bekasi, Mustakim

sumber : pikiran-rakyat
READ MORE - Dana Kematian bagi Rakyat Miskin pun Disunat

Kepedulian ALFAJRI FOUNDATION Australia

Selasa, 06 April 2010

CikarangNews6 (06/04/10) - Peristiwa banjir Labansari dan Bojongsari di wilayah Cikarang Timur ternyata juga mengetuk hati para muallaf di Australia yang bermukim di Christmast Island [ALFAJRI FOUNDATION*] untuk turut peduli dan berpartisipasi memberikan bantuan.

Bekerjasama dengan Yayasan ALFAJRI CAHAYA UMAT yang berada di Cikarang, saudara-saudara kita di Australia menyalurkan dana infaq sebesar AUD 500.

Penyaluran bantuan dilakukan pada hari rabu (31/04) pukul 13.00-14.00Wib dalam bentuk 150 bungkus berisi Makanan Instant, sabun, dan lain-lain .

Sebanyak 150 keluarga menerima bantuan tersebut dengan di koordinir oleh Ust.Ja'far.Beliau adalah ketua team relawan untuk wilayah banjir Labansari dan sekitarnya.

Warga Labansari sangat berterima kasih kepada saudara seiman di ALFAJRI FOUNDATION.

We are the one as a brotherhood of moslem.....

*) Ust.Zaenul Ma'arif, pengasuh ALFAJRI FOUNDATION.
READ MORE - Kepedulian ALFAJRI FOUNDATION Australia

Senam Nusantara: Dari Aceh Sampai Papua

Senin, 05 April 2010

CikarangNews6 - Warga Cikarang Baru yang suka jalan-jalan pagi di hari Ahad, mungkin tidak asing lagi dengan Senam Nusantara. Senam ini setiap Ahad pagi digelar di Botanic Garden, Cikarang Baru, dari jam 06.30 sampai jam 07.30. Area asri yang kini juga makin ramai dengan pindahnya Pasar Festival Jababeka ke area ini.

Senam yang diiringi dengan lagu-lagu daerah dari Aceh sampai Papua ini memang menarik. Dengan aransemen musik yang bagus, lagu-lagu daerah itu menjadi pas untuk mengiringi gerakan senam itu. Dari mulai lagu Bungong Jeumpa dari Aceh, Dindin Badindin dari Sumatera Barat, Manuk Dadali dari Jawa Barat, sampai Jali-jali dari Betawi. Dari lagu Batak sampai Yamko Rambe Yamko dari Papua. Lalu ditutup dengan lagu Indonesia Pusaka yang mengiringi gerakan pendinginan dan pernafasan. Semua lagu itu mengiringi gerakan senam yang lincah dan gembira.

Yang menarik lagi peserta laki-laki dan perempuan tidak bercampur. Sehingga tampak dua kelompok besar. Kelompok laki-laki di sisi kiri dan kelompok perempuan di sisi kanan. Semuanya dipimpin oleh 2-3 orang instruktur laki-laki. Pemisahana ini sengaja dilakukan oleh penyelenggara sehingga tidak bercampur laki-laki perempuan. Karena nanti akan ada gerakan berkelompok saling berpegangan tangan 4-6 orang. Juga ada gerakan berlari "ular-ularan" yang tentu saja peserta di belakang memegang pinggang atau pundak peserta di depannya. Gerakan ini menumbuhkan keakraban peserta senam. Laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan.

Karena senam ini diciptakan departemen olahraga sebuah parpol, awalnya peserta senam ini adalah para kader dan simpatisan parpol itu. Kini, tampaknya senam ini sudah menjadi milik warga Cikarang Baru. Setiap Ahad senam ini diikuti oleh 400-an peserta. Mereka datang dari Cikarang Baru dan Graha Asri.

Hal menarik lainnya adalah ketika terjadi banjir di Desa Labansari dan Desa Bojongsari beberapa pekan yang lalu, komunitas Senam Nusantara berhasil mengumpulkan lebih dari 2 juta rupiah untuk disumbangkan kepada korban banjir. Ini sebagai wujud kepedulian mereka terhadap korban banjir di kedua desa tersebut.

Salut buat komunitas Senam Nusantara Cikarang Baru. Sehat jasmani, sehat rohani serta peduli.
READ MORE - Senam Nusantara: Dari Aceh Sampai Papua

Helm SNI: Seperti Apa, sih?

CikarangNews6 - Per 1 April 2010 telah diberlakukan pemakaian helm berstandar SNI bagi pengendara motor. Jika tidak mengenakan helm SNI pengendara akan dikenakan denda Rp 250.000,- Sosialisai terus dilakukan oleh pihak kepolisian. Diantaranya hari ini (5/4/10) di Radio Dakta.

Dalam talk show Halo Polisi banyak pendengar yang mempertanyakan tentang helm SNI yang dimaksud dalam  UU no 22 ini.

Banyak anggota masyarakat mempertanyakan apakah helm SNI itu merujuk pada merk tertentu. Atau pada ada tidaknya logo SNI pada helm. Pertanyaan ini muncul karena sebenarnya sudah banyak juga pengemudi motor yang memiliki helm mahal tapi tak berlogo SNI.

"Saya baru membeli helm mahal, harganya Rp 200 ribu lebih, masak harus beli lagi gara-gara tidak ada logo SNI-nya.?" tanya pendengar Radio Dakta.

Erna, nara sumber dari kepolisian menegaskan bahwa helm berstandar SNI tidak merujuk pada merek tertentu. Jika menutup satu kepala penuh, ada kaca helm dan dilengkapi dengan tali helm di dagu, maka helm demikian sudah dianggap memenuhi syarat SNI.

Di akhir acara, Erna juga mengingatkan bahwa modifikasi motor banyak yang membahayakan keselamatan pemengemudi. Desain motor dari pabrik telah memenuhi syarat keselamatan. Sehingga modifikasi motor sering justru bisa mengurangi tingkat keselamatan pengemudi. (ca)
READ MORE - Helm SNI: Seperti Apa, sih?

Perlu Dibangun Penampungan Air Bersih di Labansari

Minggu, 04 April 2010

Labansari didatangi banjir hampir setiap tahun. Saat banjir salah satunya yang dibutuhkan warga adalah air bersih. Meskipun saat banjir Maret ini bantuan logistik berbentuk makanan dan minuman banyak, tapi air bersih tidak ada. Itulah yang dikeluhkan warga korban banjir di Labansari dan Bojongsari baru-baru ini. Selama lebih dari sepuluh hari banjir yang merendam enam kecamatan, Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Bekasi hanya sekali mengirimkan air bersih. Bahkan, warga Labansari dan Bojongsari merasa belum pernah dikirim air bersih.
Ternyata ini terjadi karena di kedua desa langganan banjir ini tidak terdapat bak penampungan air bersih. "Beberapa pihak dari perusahaan dan swasta sebenarnya ingin mengirimkan bantuan air bersih. Namun, tidak ada penampungan di Kecamatan Kedungwaringin dan Cikarang Timur, " kata anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cikarang Timur, Zuli Zulkipli.
Zuli dan beberapa puluhan warga dalam pertemuan dengan DPRD meminta agar PDAM mau memberikan tempat penampungan air meski tidak permanen agar pengiriman bantuan air besih dapat dilakukan tidak saja oleh PDAM namun juga bantuan beberapa pihak swasta dan perusahaan.
Kepala Bagian Humas PDAM Bekasi Komaruddin mengatakan telah menerima laporan dari beberapa pihak mengenai bantuan air bersih. Ia mengaku telah menyalurkan air bersih ke wilayah Muaragembon dan sekitarnya. Namun, ia juga mengakui jika di wilayah Labansari dan Bojongsari memang belum ada tempat penampungan air bersih dari PDAM.
Dengan pengalaman berkali-kali banjir di dua desa ini, semoga menggerakkan Pemda Kabupaten Bekasi untuk membangun tempat penampungan air bersih di kedua desa ini. Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Desa juga memasukkan pembangunan tempat penampungan air bersih ini dalam rapat-rapatnya.  
READ MORE - Perlu Dibangun Penampungan Air Bersih di Labansari

Tanpa TV Anak Berfikir Lebih Luas

Kamis, 01 April 2010

Anak saya punya 3 ensiklopedi. Itu memberikan pemahaman padanya bahwa buku lebih berharga dari TV  (Fauzil Adhim)

Hidayatullah.com--Pengaruh televisi dalam keluarga Indonesia tampaknya sudah demikian kuat menyatu dengan keseharian masyarakat. Data Bank Dunia tahun 2004 menunjukkan, ada 65 persen lebih rumah tangga pemilik televisi di Indonesia. Bentuk media audio visual yang menarik dan lengkap dari si ”tabung ajaib” menjadikan ia lebih digandrungi dibandingkan dengan produk budaya lain, seperti buku. Hiburan yang disajikan mampu menarik mayoritas penduduk menekuni tayangan televisi dalam kegiatannya sehari-hari. Menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2006, lebih tiga perempat (86 persen) dari seluruh penduduk usia 10 tahun ke atas di Indonesia memiliki aktivitas rutin mengikuti acara televisi dalam seminggu. Tapi jumlah itu  tak termasuk Mohammad Fauzil Adhim (38), pria yang namanya melejit lewat bukunya “Kupinang Engkau dengan Hamdalah” (1997) justru tak memiliki TV.  Mungkin akan terasa janggal bagi semua orang. Bagaimana cara dia menjelaskan pada anak tanpa hiburan TV di rumah?  Berikut petikan wawancara dengan laki-laki kelahiran Mojokerto, Jawa Timur pada 29 Desember l972 ini.
Apa alasan Anda menolak TV di rumah?
Saya tidak menolak, tapi karena saya melihat tidak ada alasan yang membuat TV layak untuk dipelihara di rumah, sehingga saya tidak memelihara TV.
Sejak kapan itu Anda lakukan?
Memang sejak awal saya sudah tidak memelihara TV. Tapi suatu saat, karena penasaran ingin tahu seperti apa sih TV sekarang, saya dan istri pernah juga mencoba menyewa TV. Nah, pada saat TV itu distel, justru anak pertama saya, Fathimah yang memprotes, dan minta TV itu dimatikan. Sampai dia bilang,”Ibu dimatiin, kok Ibu suka sih nonton film yang jelek-jelek. Itu kan nggak bagus.” Makanya TV akhirnya dimatikan dan kita tidak pernah nyewa lagi.
Mudharatnya apa?
Tidak ada stasiun TV yang mengudarakan acara yang benar-benar mengaktifkan otak anak, dan menggugah anak terlibat dalam proses berfikir. TV justru menyedot perhatian anak yang dalam jangka panjang bisa mempasifkan otaknya. Belum lagi soal content (isi). Film-film yang ditayangkan maupun iklan pariwaranya sebagian besar tidak layak untuk dikonsumsi anak. Katakanlah misalnya ada acara yang cukup bagus, itu saja mengenaskan.
Berarti Anda tidak butuh TV?

Saya merasakan tidak ada kebutuhan dari TV. Karena itu mengapa saya harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Menurut saya hiburan yang paling mahal ya TV. Untuk mendapatkan sampah kita harus mengeluarkan biaya jutaan rupiah, padahal dengan dana segitu, kita bisa membelikan anak-anak kita ensiklopedi, atau bisa kita belikan komputer atau buku, atau hal-hal lain yang jelas manfaatnya.
Di TV kan juga ada tayangan pendidikan yang bermanfaat untuk anak?
Pertama, Ayat Al-Quran bisa ditempelkan di tissue, di kaleng bir. Tapi kalau ada tulisan bismillah di kaleng bir bukan berarti birnya halal. Khamr pun dikatakan ada manfaatnya, tapi kenapa diharamkan? Berarti ada manfaatnya tidak cukup untuk menjadikan sesuatu itu halal. Kedua, tayangan-tayangan yang diperuntukkan anak-anak sebagian besar tidak dikemas sesuai dengan perkembangan anak, dan tidak dikemas untuk merangsang kemampuan berpikir aktif maupun konstruktif, sehingga anak hanya menjadi pihak yang mengalami terpaan exposure dari berbagai tayangan TV.
Bagaimana dengan kebutuhan informasi yang bisa didapatkan di TV?
Sumber informasi, sumber untuk mendapatkan kebutuhan psikis berupa perhatian, kebutuhan untuk mendengarkan itu ada pada orang tua, dan orang-orang penting lainnya dalam keluarga. Kalau dalam ilmu psikologi dikenal dengan significant person atau significant others. Sejauh ini, sepanjang yang saya tahu, kualitas attachment yang baik meningkatkan kreatifitas anak, meningkatkan kecerdasan anak dan meningkatkan percaya diri anak. Anak cenderung akan memiliki konsep diri yang bagus dan cenderung lebih bisa mengelola dirinya.
Apa dampak lebih jauh dari menonton TV?
Sejauh yang saya pahami sebagaimana hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli-ahli psikiatri Amerika Serikat, tayangan TV yang sering disaksikan anak adalah tayangan-tayangan yang tidak dikemas untuk anak, sehingga banyak menonton TV menyebabkan anak otaknya pasif dan cenderung tidak suka berpikir. Dan jika anak tidak suka berpikir, maka anak cenderung tidak mampu mengkomunikasikan perasaannya dengan baik. Dan itu berarti menambah kesulitan kita dalam mendidik anak.
Bagaimana respon anak dengan tidak adanya TV di rumah?
Anak-anak memang saya didik untuk suka membaca. Karena itu mereka cenderung bisa mengungkapkan gagasannya dengan lebih baik. Dan anak-anak yang suka membaca itu cenderung memiliki informasi yang lebih kaya. Bahkan terkadang kalau sudah seperti itu, anak-anak malah suka usul pada saya. Misalnya Fathim, ketika melihat gambar mobil yang ada TV-nya, justru mengatakan pada saya, ”Bapak kalau mau beli mobil tak usah pakai TV, karena di TV banyak yang jelek.”
Bagaimana Anda menjelaskan kepada Anak?

Jadi yang penting prosesnya. Kalau anak langsung dilarang, anak akan penasaran. Tapi cukup dengan dialog. Sebagaimana sekarang Fathimah ndak mau makan di Kentucky Fried Chicken, Mc Donald, ndak mau minum air mineral yang mereknya Aqua dan Ades. Semua itu bisa ditanamkan karena ada dialog, kalau semua itu produk boikot. Begitu juga dengan menyikapi TV, harus ada dialog.
Pernah ditanyai anak tentang TV?
Saya pernah ditanya anak, ”Bapak kok nggak punya TV. Kata temanku kalau ndak punya TV berarti miskin.” Ini kan berarti social pressure, tekanan-tekanan masyarakat. Nah di sinilah saya perlu menjelaskan setepat-tepatnya. Ya karena kebetulan Allah memberikan rezeki pada saya maka saya gantikan dengan benda-benda yang ada manfaatnya, dan harganya melebihi TV, seperti ensiklopedi. Sekarang anak saya punya 3 ensiklopedi. Itu memberikan pemahaman pada anak bahwa ini lebih berharga dari TV, dan saya memperkuat dengan dialog bahwa ini lebih baik dari TV.
Apa pengganti TV, selain ensiklopedi?
Kalau anak sudah senang buku apakah kemudian dia masih ingin mencari ganti yang lain. Jadi tidak sekedar ensiklopedi, tapi komputer, buku atau bacaan-bacaan lainnya. Atau juga ketika anak-anak butuh hiburan, saya belikan tenda yang mereka bisa bermain di sana.
Anak-anak tidak bosan baca ensiklopedi dan buku terus-terusan?
Kalau otak anak itu aktif, maka dia akan cenderung aktif mencari. Kalau dia sudah bosan membaca, maka dia akan mencari kegiatan yang inovatif lainnya. ketika anak-anak suka membaca, maka mereka cenderung komunikatif, lebih mampu mengungkapkan perasaannya. Misalnya, suatu saat anak saya minta dibelikan buku. Untuk apa? Dia mau menulis buku harian. Selain itu, ketika dia tidak terlalu fokus pada TV, saya lihat mereka cenderung menyukai benda-benda intelektual, seperti memotret sendiri. Ia mengembangkan berbagai macam keterampilan karena pikirannya berkembang. Pikirannya tidak tersedot oleh bayangan yang sebenarnya tidak diperlukan itu.
Nilai positif rumah tanpa TV?
Tanpa TV anak akan memiliki kesempatan berfikir yang lebih luas, anak akan mengembangkan inisiatif-inisiatif yang lebih aktif dan progresif. Sementara dengan adanya TV anak siap untuk dicekoki. Anak belum sempat berpikir sudah dijejali dalam tempo yang sangat tinggi. Ketika anda melihat TV, maka dalam 1 menit akan terjadi perubahan-perubahan gambar yang luar biasa cepatnya. Padahal masa kanak-kanak adalah masa yang paling pesat perkembangan otaknya. Semestinya pada masa itulah rangsang-rangsang otak itu dimaksimalkan. Anak betul-betul diberi pengayaan rangsang otak yang luar biasa.
Mengapa demikian?
Otak itu berkembang dari usia 0 – 6 tahun, dan porsinya mencapai  80 %. Sementara sisanya yang 20 % terjadi pada usia-usia berikutnya. Dari usia itu, yang lebih penting lagi adalah 18 bulan pertama usia anak. 20% perkembangan otak terjadi pada usia itu. Maka alangkah sayangnya jika pada usia-usia yang sangat strategis ini justru anak-anak tidak memperoleh rangsangan yang maksimal. Dan sebaliknya justru hanya memperoleh exposure dari TV. Padahal banyak kegiatan lain yang bisa merangsang daya nalar anak, contohnya membaca.
Dampak anak yang suka menonton TV?
Saya kira anak yang biasa menonton TV, maka di sekolah pun TV memiliki daya tarik yg lebih besar baginya. Karena itu sekolah tidak menjadi surga baginya. Karena di TV anak tidak akan banyak dapat informasi. Ada kasus yang pernah saya dapatkan, ketika ada orang tua yang membawa anaknya, saya kira dia ini idiot sehingga dia tidak naik kelas dan nilainya nol semua, tapi ternyata anak ini tidak idiot. Ia lebih senang nonton TV dan main game, sehingga ketika di kelas, pikirannya tidak di kelas, tapi di rumah, yaitu di TV. [jidi/sahid/www.hidayatullah.com
READ MORE - Tanpa TV Anak Berfikir Lebih Luas